Jokowi – JK Unggul pada Rekapitulasi Tingkat Kota Salatiga

Browse By

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Salatiga, mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilihan presiden dan wakil presiden 2014 di Hotel Grand Wahid Kota Salatiga pada Rabu (16/7). Proses rekapitulasi yang dimulai sekitar pukul 16.00 WIB tersebut, meliputi penghitungan dari empat kecamatan, yakni Sidorejo, Tingkir, Argomulyo, dan Sidomukti.

Dari penghitungan yang dilakukan oleh pihak KPU, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H. M. Jusuf Kalla unggul dengan jumlah suara sebanyak 68.664 buah dengan persentase 64 persen. Sedangkan pasangan nomor urut satu, yakni H. Prabowo Subianto dan Ir.M. Hatta Rajasa memperoleh suara sebanyak 38.628 buah dengan persentase 36 persen.

Jumlah pemilih di Kota Salatiga yang menggunakan hak pilihnya secara keseluruhan sebanyak 108.644 orang. Jumlah ini meliputi daftar pemilih tetap (DPT), Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan Daftar Pemilih Tambahan (DPT). Selain itu, jumlah suara sah yang masuk sebanyak 107.292 buah dan suara tidak sah sebanyak 1.372 buah.

Dayusman Junus, salah satu komisioner KPU kota Salatiga mengungkapkan, proses rekapitulasi ini berjalan lancar dan kedua kubu saksi masing-masing calon menerima hasil rekapitulasi.

“Kelancaran rekapitulasi hari ini juga didukung dengan proses rekapitulasi tingkat kelurahan dan kecamatan yang sebelumnya juga tidak ada masalah”, tambah Dayusman. Dirinya juga menyatakan tingkat partisipasi pemilih pada ajang pilpres kali ini persentasenya menurun jika dibandingkan pileg lalu.

“Tingkat partisipasi pemilih di Salatiga pada pilpres kali ini menurun 0,9 persen jika dibandingkan pada pileg lalu. Tapi jika dibandingkan tingkat partisipan pada pilpres 2009, pada pilpres 2014 kali ini tingkat partisipannya meningkat”, ujarnya.

Dayusman berharap, proses rekapitulasi  tingkat propinsi pada 18 Juli nanti tetap berjalan lancar dan tanpa masalah, sehingga hasil rekapitulasi tingkat propinsi bisa dikirimkan ke KPU pusat di Jakarta tepat waktu.

(Editor: Erwin Santoso)

Robertus Adi Nugroho, Redaktur Pelaksana LPM Scientiarum. Ia adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi, angkatan 2013. Ikuti kicauannya di @robertus_adi22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *