H–4 Lebaran, Kepadatan Arus Mudik Meningkat

Browse By

IMG_0283

Yuliyanto, Walikota Salatiga, berbincang dengan seorang petugas Dishubkombudbar di pos pemantauan arus mudik daerah Terminal Tingkir. Foto oleh: Kris Triyanto

Empat hari menjelang hari raya Idul Fitri (24/7), kondisi lalu lintas pada arus mudik di kota Salatiga mulai menunjukkan peningkatan. Beberapa jalan utama di Salatiga mulai dipadati kendaraan dari luar kota.

Dinas Perhubungan, Komunikasi, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dishubkombudpar) bekerjasama dengan pihak kepolisian, sudah mempersiapkan berbagai antisipasi menghadapi puncak arus mudik.

Ari Harsodi, Kepala Sie Pengamanan dan Pengendalian Lalu Lintas Dishubkombudpar mengatakan, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H –3 menjelang Lebaran.

“Sampai H – 4 ini belum ada pengalihan jalur, secara keseluruhan kondisi lalu lintas mulai menunjukkan kepadatan, namun tak sepadat tahun lalu. Ini karena adanya pengalihan jalur karena amblesnya jembatan Comal,” ujarnya.

Ari menambahkan, Dishubkombudpar telah memasang rambu-rambu lalu lintas baru di beberapa jalan yang menjadi jalur utama pemudik yang melintasi Salatiga.

“Untuk pemasangan rambu, kami fokuskan di Jalur Lingkar Salatiga (JLS) serta beberapa Jalan protokol di Salatiga. Kami juga telah menyiapkan beberapa alternatif jalan untuk menghadapi puncak arus mudik,” imbuhnya.

Walikota Salatiga tinjau pos pemantauan arus mudik

Pada hari yang sama, Walikota Salatiga, Yuliyanto juga meninjau pos pemantauan arus mudik di beberapa tempat di Salatiga. Yuliyanto yang didampingi jajaran Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), Polres Salatiga, serta Dishubkombudpar meninjau di empat lokasi pos pemantauan arus mudik.

Keempat pos yang ditinjau rombongan Walikota Salatiga di antaranya pos arus mudik di depan Ramayana, Blotongan, pertigaan JLS di kawasan Tingkir, Terminal Tingkir, dan kawasan Pasar Sapi. Selain meninjau kesiapan pos pemantauan arus mudik, Yuliyanto juga menyerahkan bingkisan kepada petugas jaga di tiap pos yang ditinjau.

Editor: Arya Adikristya Nonoputra

Robertus Adi Nugroho, Redaktur Pelaksana Tulis Scientiarum. Ia adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi, angkatan 2013. Simak kicauannya di @robertus_adi22.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *