Pengguna Meningkat, Posnet Malah Rencana Ditutup

Browse By

Kondisi Posnet tanggal 5 November 2014. | Dok.scientiarum.com/Andreas Reuben

Kondisi Posnet tanggal 5 November 2014. | Dok.scientiarum.com/Andreas Reuben

Kontrak kerjasama antara UKSW dengan PT. Indomedia terkait pengembangan dan pengelolaan Posnet resmi berakhir pada Oktober kemarin. Secara legal, kontrak berjangka waktu empat tahun ini terhitung sejak 1 Oktober 2010 dan habis masa pada 14-15 Oktober 2014.

Namun, karena kontrak berakhir di pertengahan bulan Oktober, pihak Indomedia yang merasa akan kesulitan dalam membuat pembukuannya, mengadakan kesepakatan dengan UKSW untuk mengakhiri kontrak per 30 Oktober 2014.

Teguh Wahyono, Pembantu Rektor II UKSW, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil evaluasi pimpinan universitas, kontrak Posnet telah disepakati untuk tidak diperpanjang. Selain masa kontrak yang telah habis, Teguh mengatakan kecenderungan pengguna Posnet menurun menjadi salah satu alasan yang mendasari kontrak Posnet tidak diperpanjang.

Sediakan Internet Corner pengganti Posnet

Walaupun demikian, Teguh mengatakan kebutuhan mahasiswa akan internet gratis,  tetap dipenuhi dengan alternatif lain yang akan disediakan kampus. Saat ini, kampus berusaha meningkatkan kualitas layanan internet, salah satunya dengan memperbesar bandwidth dan berencana kerjasama dengan PT Cisco Systems Indonesia, dalam hal pengembangan infrastruktur TI di UKSW.

Sementara itu, alternatif jangka pendek untuk mahasiswa yang tidak punya perangkat mengakses layanan internet tersebut, akan dilayani di beberapa lantai Gedung Perpustakaan, seperti Lantai 4E dan Lantai 7. Untuk jangka panjang, kampus akan membangun Internet Corner pada beberapa titik di kampus.

“Kita tidak memperpanjang itu, bukan berarti layanan internet ke mahasiswa dihilangkan. Jadi, beberapa langkah-langkah yang akan diambil nanti adalah peningkatan kualitas layanan internet dengan memperbesar bandwidth. Bandwidth kita itu sudah naik dari sekitar 90 Mbps pada tahun 2013, sekarang kita telah kontrak bandwidth sebesar 150 Mbps dengan Telkom. Jadi, sudah 150 Mbps, dapat bonus lagi 50 Mbps,” jelas Teguh Wahyono saat diwawancarai Scientiarum, Jumat 24 Oktober 2014.

“Jadi saya berharap mahasiswa tidak terus heboh dengan penutupan Posnet, karena kita pikirkan solusi-solusi lain untuk mereka tetap bisa mengakses internet gratis di UKSW ini. Jadi hak mereka masih tetap kita layani untuk mendapat layanan internet,” tambah Teguh.

Grafik Posnet Januari-September 2014 | Arsip Posnet

Grafik Posnet Januari-September 2014 | Arsip Posnet

Pengguna Posnet meningkat dua bulan terakhir

Yonathan Lie, Wakil dari Indomedia sekaligus Komisaris Posnet, saat diwawancarai pada Jumat, 31 Oktober 2014 menuturkan bahwa dengan melihat grafik pengguna Posnet tiap bulannya, dapat disimpulkan masih lebih banyak mahasiswa yang menggunakan layanan di Posnet. Pernyataan Yonathan diperkuat dengan data Bagian Administrasi dan Registrasi Akademik (BARA), yang menerangkan pada semester gasal 2014/2015 jumlah mahasiswa UKSW berjumlah 13.521. Sedangkan pada bulan Agustus, pengguna Posnet mencapai 5.071 dan meningkat pada September menjadi 8.091 pengguna. Untuk Oktober, Yonathan mengatakan tidak ada data hunian perihal jumlah pengguna.

“Jika dihitung, ada data sebanyak 6.882 (data pada bulan Januari 2014), jika dibagi 25 hari kerja, ada 275 pemakai per hari. Terendahnya ada pada Agustus, itu karena banyak liburan, itu ada 200 mahasiswa. Ini rata-rata masih banyak mahasiswa yang menggunakan, malah jadi lebih baik dan meningkat,” jelas Yonathan.

Yonathan berharap kontrak diperpanjang

Saat ini Yonathan sedang melobi pihak universitas untuk memperpanjang kontrak Posnet, karena menurutnya, tidak ada masalah dengan Posnet dan penggunanya juga kian meningkat. Namun jika memang kontrak ini nantinya tidak diperpanjang, Yonathan berpendapat harus ada sosialisasi lebih dulu kepada mahasiswa, karena ini terkait dengan layanan mahasiswa. Menurutnya, harus ada komunikasi antara penyedia layanan dengan yang dilayani.

Yonathan juga berkata bahwa ia sedang meningkatkan kualitas layanan Posnet, salah satunya dengan menghantarkan layanan internet nirkabel ke kos mahasiswa yang tidak sempat ‘mencairkan’ haknya di Posnet. Semuanya gratis karena sudah termasuk dalam uang layanan kemahasiswaan. Mahasiswa hanya perlu mendaftar ke administrator Posnet lalu meminta username dan password. Hal ini sudah pernah terjadi di Cungkup 446. Selain itu, Yonathan berkeinginan membuka kelas gratis  belajar internet bagi mahasiswa yang kurang pengetahuan mengenai internet.

“Kalau saya berharap jangan ditutup. Perbaiki kualitas, saya setuju,” ucap Yonathan.

Indrika Dermadibyo Tiranda, mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, angkatan 2013. Wartawan magang Scientiarum. Liputan ini dikerjakan bersama Arya Adikristya Nonoputra. Ikuti kicauannya di @IndrikaTiranda.

Penyunting: Arya Adikristya Nonoputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *