Rusmanto: Renovasi Gedung O Tidak Bisa Selesai Tahun Ini

Browse By

Sejak ambruknya plafon kantor Lembaga Kemahasiswaan (LK) Fakultas Hukum di Gedung O UKSW (baca: Plafon Ambrol, Gedung LK Dapat Perhatian Khusus) pada 14 September 2014 lalu, Bagian Pemeliharaan dan Pendayagunaan Aset langsung melakukan perbaikan pada plafon yang roboh. Tidak hanya pembersihan dan perbaikan pada kerusakan, sehari kemudian, diadakan renovasi Gedung O. Namun hingga kini, perbaikan Gedung O belum tuntas.

Rusmanto, Kepala Bagian Pemeliharaan dan Pendayagunaan Aset, menjelaskan bahwa robohnya plafon tersebut diakibatkan oleh kualitas kayu atap yang buruk sehingga mudah rapuh. Soal renovasi terakhir Gedung O sendiri, Rusmanto mengaku tidak tahu-menahu.

Sebelumnya, renovasi Gedung O telah dijadwalkan dari awal 2014 dan akan dilaksanakan pada bulan Oktober lalu, namun akibat plafon Gedung O telah runtuh sebelum waktu yang sudah dijadwalkan, maka pelaksanaan renovasi pun dipercepat. Tidak hanya bagian roboh saja yang diperbaiki, Rusmanto juga menginstruksikan perbaikan talang dan jalur-jalur air serta plafon lain.

“Renovasi tidak hanya dijadwalkan untuk Gedung O saja, tetapi juga untuk Gedung A, B dan C. Tapi sepertinya tidak bisa selesai tahun ini,” jelas Rusmanto.

Perbaikan gedung kampus yang rencananya akan dilaksanakan, terkendala masalah tenggat waktu dan musim penghujan.

“Bulan November musim hujan, jadi tidak bisa selesai tahun ini,” tambah Rusmanto.

Tidak hanya terkendala waktu dan musim saja, hambatan lain terhadap renovasi gedung adalah prioritas kerusakan gedung lain yang lebih parah. Dalam hal maintenance atau perawatan gedung kampus, Rusmanto mengaku telah diadakan, namun tetap saja harus melihat gedung mana yang menjadi prioritas utama.

Menurut pantauan Scientiarum, selain Gedung A, B, dan C, Bagian Pemeliharaan dan Pendayagunaan Aset tengah merenovasi tempat penampungan sampah belakang kampus. Renovasi tersebut meliputi peninggian dinding, pengadaan kantor BMK Bagian Perbengkelan, hingga perluasan tempat penampungan sampah menyambut kontainer yang akan datang pada empat bulan ke depan.

“Tidak semua gedung yang bermasalah dapat diatasi sekaligus, ada susulan prioritas jadi tertunda,” tutup Rusmanto.

Grace Paramythia, mahasiswi Fakultas Psikologi, angkatan 2011. Ia merupakan wartawan tetap Scientiarum. Ikuti kicauannya di @graceparamythia.

Penyunting: Arya Adikristya Nonoputra

One thought on “Rusmanto: Renovasi Gedung O Tidak Bisa Selesai Tahun Ini”

  1. alodia says:

    Gantian dong sama studio gambar. Kapan studio gambar dibenerin. Sampai kapan kami harus belajar di ruangan minim pencahayaan. Dengan kaca pecah dibawah tangan kami. Dengan ubin serupa puzzle dan ac transformer. Dengan tiang ditengah ruangan menghalangi pandangan mata kami menuju papan tulis. Sampai kampus baru tahun depan selesai dibangun? Duh….

    Dikasi ruangan layak sementara buat kami juga kami sudah puas. Tetap di ruang itu jg gpp, asal mata kami ngag burem lagi nggambar disana. #sudahlah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *