Wahyu Purwiastuti: Makrab FKIP 2014 Belum Mencapai Tujuan

Browse By

“Tujuan makrab itu menjadikan akrab, tetapi yang saya rasakan disini kurang terjadi keakraban,” ungkap Theresia Kartika Candra Dewi dari prodi Matematika, yang merupakan salah satu peserta malam keakraban (Makrab) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tahun 2014, pada Sabtu-Minggu (1-2/11), bertempat di Yonif 411, Salatiga.

Agenda tahunan yang diikuti 517 peserta dari mahasiswa FKIP ini membuat panitia kewalahan, hal ini dikarenakan adanya sejumlah peserta yang sakit, pingsan dan mengalami penurunan mental. Belum lagi ditambah permasalahan yang lain, yaitu makanan basi dan waktu makan yang tertunda karena ada kesalahan teknis.

Koordinator Bidang Kemahasiswaan (Koorbidkem) FKIP, Wahyu Purwiastuti, ketika ditemui Scientiarum mengatakan bahwa makrab tahun ini belum mencapai tujuan.

“Tujuan belum dicapai, saya mengamati program acara ini. Saya menekankan bahwa nilai-nilai pendidikan guru dan karakter adalah muatan yang harus diberikan kepada mahasiswa. Jika keakraban dan pembentukan karakter tidak tercapai, saya siap memutuskan bahwa tahun depan tidak ada program yang formatnya seperti ini. Saya tegas secara pribadi dan akan memutuskan hal ini di dalam rapat bersama pimpinan,” ujar Wahyu.

Setelah mengetahui bahwa kegiatan tahun ini belum mencapai tujuan, Wahyu memiliki keputusan untuk tidak melakukan makrab dengan format kegiatan seperti ini lagi. Menginap bersama di tenda, melakukan permainan, dan bertempat di Yonif 411 adalah format kegiatan tahun ini dan tahun-tahun lalu. Ke depannya ia memiliki rencana untuk menggantinya hanya dengan acara outbond saja.

Tanggapan lain datang dari Dekan FKIP sendiri, Yari Dwikurnaningsih.

“Saya belum mengadakan evaluasi dan belum meminta kejelasan dengan panitia. Tahun-tahun sebelumnya makrab berjalan dengan lancar, namun saya sudah mendengar kabar makrab tahun ini dari beberapa mahasiswa angkatan 2014 dan  Himpunan Mahasiswa Prodi,” kata orang nomor satu di FKIP ini.

Acara yang bertemakan “Different Generations” ini bekerjasama dengan pihak Yonif 411 Salatiga, kerja sama ini ditujukan bagi keamanan peserta. Putri Pratiwi, ketua panitia makrab, mengatakan, bahwa di dalam acara ini para mahasiswa dilatih dalam pembentukan karakter dan pengembangan kreativitas, serta diharapkan menjadi tenaga pendidik yang berkarakter, disiplin, tepat waktu, kreatif, berpikir kritis, jujur, dan mampu bekerja sama.

Pada puncak acara, Sabtu malam (1/11), pihak panitia juga mengundang band-band lokal dari Salatiga untuk menghibur para peserta makrab. Selain itu, Minggu (2/11), juga diadakan sosialisasi dari Lembaga Kemahasiswaan FKIP, serta pemilihan ketua angkatan FKIP 2014. Agustinus Andri Wijanarko dari prodi Bimbingan dan Konseling terpilih menjadi ketua angkatan FKIP 2014 dalam pemilihan tersebut.

Pranazabdian Waskito, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, angkatan 2014. Wartawan magang Scientiarum. Tambahkan Prana dalam pertemanan anda di Facebook: Pranazabdian Waskito.

Penyunting: Ridwan Nur Martien

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *