Rahmat : Dalam Bisnis, Audit Itu Penting

Browse By

Rahmad Mulyana sebagai Vice President ISACA Indonesia Chapter, menyampaikan materi pada Kuliah Umum Tata Kelola dan Audit Teknologi Informasi. (Foto oleh: Shanto Moyrano)


Seminar Kuliah Umum Tata Kelola dan Audit Teknologi Infomasi, yang di adakan oleh HMP SI (Himpunan Sistem Informasi), di selenggarakan pada Rabu, (27/9) di Gedung Auditorium FTI UKSW. Pada kesempatan ini, diadakan peresmian ISACA Student Group UKSW, yang menjalin kerjasama langsung dengan ISACA Indonesia.


ISACA (Information Systems Audit dan Control Association) adalah organisasi profesi Internasional, di bidang tata kelola teknologi informasi, yang didirikan pada tahun 1967, di Amerika Serikat. ISACA mempunyai beberapa cabang di 60 negara, termasuk Indonesia. Nama ISACA di Indonesia yaitu ISACA Indonesia Chapter, yang didirikan pada tahun, 1993 dan terus berkembang sampai sekarang. 

Pembicara pada Seminar ini yaitu Rahmat Mulyana , Vice President ISACA Indonesia Chapter dan Gede Karya, Academic Relations Coordinator ISACA Indonesia Chapter. Materi yang dibawakan oleh pemateri pada saat seminar ini, membahas tentang tata kelola dan audit teknologi informasi (TI)

 Audit TI adalah pemeriksaan dan pembuktian, pengecekan infrastruktur teknologi informasi sesuai standar dan menyeluruh. Tujuan dari tata kelola dan audit yaitu mendapatkan manfaat bagi teknologi informasi, mengoptimalkan resiko dan mengoptimalkan sumber daya.

 “Tidak hanya mengoptimalkan sumber daya tetapi juga mengoptimalkan data dan informasi, aplikasi, infrastruktur dan Sumber daya Manusia,” ujar Gede.

Rahmat juga mengatakan tentang tata kelola dan audit TI, sangat penting bagi mahasiswa maupun masyarakat. “Manfaat tata kelola dan audit TI yaitu agar mahasiswa maupun masyarakat dapat menciptakan bisnis TI, dengan baik dengan adanya tata kelola dan audit yang baik juga,” ujar Rahmat.

Pada akhir acara, juga diselenggarakan peresmian ISACA Student Group UKSW. ISACA Student Group UKSW adalah kelompok profesional yang mendukung dan mendorong pendidikan di luar kelas, dengan memungkinkan mahasiswa dari berbagai fakultas yang terkait di bidang ilmu tata kelola, audit, dan keamanan sistem informasi atau teknologi informasi.

Resa Saputri, Jurnalis Scientiarum dari Progdi Sistem Informasi FTI angkatan 2016.

Redaktur: Robertus Adi Nugroho dan Andreas Reuben Oktavius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *