Wacana Kritis-Prinsipil Mahasiswa UKSW & Salatiga

Neil Rupidara Dipastikan Tak Dilantik Pada Rapat Terbuka Senat

Rubrik Kampus oleh

Samuel Adiperdana, Sekretaris Umum Pembina YPTKSW, menyatakan bahwa Neil Rupidara dipastikan tak dilantik pada forum rapat terbuka senat universitas. Sebagai gantinya, Neil akan dilantik lewat forum Rapat Pleno Pembina YPTKSW, pada 30 November esok.

“Kepastian Senat berdasarkan surat yang diterima pembina dari Senat Universitas pada 28 November kemarin. Isinya menyatakan bahwa Senat tak dapat menyelenggarakan rapat terbuka untuk melantik Neil sebagai rektor definitif,” ujar Samuel.

Jika merujuk pada berita Scientiarum yang lalu, keputusan untuk melantik rektor baru lewat rapat pleno pembina yayasan, merupakan opsi alternatif, dari yang seharusnya diatur dalam Statuta. Namun menurut Samuel, Pembina memaklumi kondisi ini, dan menganggap situasi dan kondisi beberapa bulan ini merupakan “hal yang tidak normal”.

Spanduk Dies Natalis UKSW. Ilustrasi: Andreas Reuben

“Begini, aturan yang sudah disepakati dalam statuta itu dirancang dalam kondisi yang normal. Padahal, situasinya sekarang tidak seperti itu. Hal ini sudah kami pikirkan, dan akhirnya diputuskan bahwa Neil dilantik dalam rapat pleno besok,” ujarnya.

Ditanyai soal konsekuensi apa yang dihadapi pembina dengan tetap dilantiknya Neil pada rapat pleno pembina, Samuel mengatakan bahwa mengenai pelantikan ini, merupakan murni ranah pembina. “Pada dasarnya, rektor diangkat dan diberhentikan oleh pembina dalam forum rapat senat. Tapi, situasinya sekarang tidak begitu. Karena senat tetap tak mau melantik dalam rapat senat, ya kami para pembina mengambil alih pelantikan,” kata Samuel.

Mengenai pelantikan esok, Scientiarum juga mencoba mewawancarai Christantius Dwiatmadja, Ketua Senat Universitas pada 27 November. Melalui Whatsapp, kami menanyai soal pelantikan tersebut. Namun Christantius tak mau menjawab dan hanya membalas, “tidak bisa.”

Pelantikan Neil Rupidara sebagai Rektor UKSW periode 2017-2022 akan dilaksanakan pada Rapat Pleno Pembina Kamis, 30 November 2017 pukul 12.00 di Balairung Universitas. Rapat terbuka ini dibuka untuk umum.

Robertus Adi Nugroho, wartawan LPM Scientiarum

Redaktur: Axel Priya Mahardika

2 Comments

  1. Semoga permasalahan pemilihan rektor UKSW tidak berdampak dalam kegiatan belajar mengajar di UKSW dan tidak berdampak pada mahasiswa, dan harapannya agar segera diselesaikan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Geser ke Atas