Wacana Kritis-Prinsipil Mahasiswa UKSW & Salatiga

Journalistic Space : Berita Soal Human Interest

Rubrik Media Partner oleh

Rabu, (06/03) HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi konsentrasi Jurnalistik) menyelenggarakan ajang kompetisi menulis dengan tema Human Interest. Acara ini dimaksudkan agar para peserta mengetahui serta mampu tata cara penulisan berita narasi dengan foto jurnalistik  yang telah disesuaikan. Dibuka oleh Hanan Gangsar Laksono, selaku ketua panitia, telah memilih 3 pemenang dengan beberapa hasil karya tulisan yang menarik berdasarkan penilaian oleh Rekotomo (Jurnalis foto Antara news) dan Reno Reksa (Jurnalis Metro), di gedung Gedung Probowinoto UKSW.

Pemenang pertama adalah Diana Wulandari,

foto oleh: Diana Wulandari

dengan judul tulisan Tetap Berjualan Untuk Pelanggan setia, yang membahas tentang fenomena orang yang sudah jarang pergi ke pasar tradisional sehingga jarang yang mengenal gethuk serta jajanan tradisional lainnya. Dalam tulisan ini, Bu Minah, selaku narasumber yang juga seorang penjual gethuk mngatakan hanya sedikit saja anak muda sebagai pelanggannya, yang kebanyakan hanya ibu-ibu saja masih setia menjadi pelanggannya.

Selanjutnya, sebagai orang yang ditetapkan pada posisi kedua, Nathanael Adithya, dengan tema Mereka yang Kini Terlupakan menuliskan, bagaimana perkembangan teknologi secara perlahan dan tak sadar mengambil posisi becak sebagai salah satu sarana transportasi ramah lingkungan.Seperti halnya terjadi di pangkalan becak Jalan Pemotongan, Salatiga.

 

 

foto oleh: Nathanael Adithya

Nampak terlihat becak-becak tersebut hanya terparkir rapih di pinggir jalan nampak hanya seperti pajangan yang secara sengaja diletakkan. Menurut Nathanael, pemerintah sebaiknya memberikan solusi yang terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

 

Pinalti Pembuat Keberuntungan, tulisan karya Ratu Haiu Dianee yang menempati posisi ketiga, ini menceritakan

foto oleh: Ratu Haiu Dianee

bagaimana sebuah tendangan pinalti mampu membawa angkatan muda 2018 sebagai juara Kambing Cup FEB UKSW 2019 dengan skor akhir 5-3. Pertandingan yang berlangsung dengan lancar ini diadakan untuk menjalin keakraban antar angkatan.

 

Diakhir acara, Hanan mengharapkan para peserta yang berjumlah 30 orang ini bisa mendapatkan pelajaran baru dan semoga acara ini akan terus ada untuk menginspirasi mahasiswa yang tertarik dengan jurnalistik.

 

Redaktur : Christiani M (Fakultas Scientiarum, Prodi Jurnalistik)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Geser ke Atas