Wacana Kritis-Prinsipil Mahasiswa UKSW & Salatiga

Indonesia Batal Kirim Atlet ke Turnamen-turnamen Besar Olahraga Asia

Rubrik Berita/Humaniora oleh

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (PP PBSI) Susy Susanti menyampaikan pembatalan keberangkatan tim bulu tangkis untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Lingshui China Masters yang merupakan arena terakhir dalam perebutan poin ke Olimpiade Tokyo 2020. Indonesia berencana memberangkatkan 44 pemain untuk memperebutkan poin dalam turnamen penentuan Olimpiade Tokyo tersebut. Susy Susanti dan Achmad Budiharto mengkonfirmasi bahwa Indonesia belum menerima kabar lebih lanjut terkait dampak virus corona terhadap penyelenggaraan Turnamen Series 100 dari Federasi Bulutangkis Asia (BAC).

 

Dilansir dari Republika, Susy mengatakan bahwa atlet-atlet muda Indonesia harus dijaga mengingat Olimpiade sudah dekat. Beberapa tim Indonesia dari berbagai cabang olahraga yang tengah menjalani latihan di China juga sudah ditarik kembali ke Indonesia. Belum ada travel warning ke China, namun Indonesia tidak mau mengambil resiko karena situasi China yang kurang kondusif pasca mewabahnya virus corona. Susy mengkonfirmasi bahwa dirinya sedang memproses surat pembatalan keberangkatan semua atlet yang semulanya akan dikirim untuk berpartisipasi ke turnamen final tersebut.

 

Pembatalan ini kembali dipertegas dengan pernyataan Achmad Budiharto, Sekjen PP PBSI. Menurutnya, kemungkinan beberapa kota di China akan diisolasi karena penyebaran wabah virus corona menjadi alasan Indonesia batal tampil. Selain itu, China Masters juga bukan turnamen mandatory dalam perebutan poin ke Olimpiade Tokyo. Budi juga menambahkan bahwa Staff Bidang Luar Negeri PBSI sedang memproses pemberian saran ke BAC dan BWF untuk tidak digelar di Wuhan sebelum aman dari virus corona.

 

Selain Kejuaran China Master, Indonesia juga mundur dari International Olympic Committe (IOC) yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Ketua Umum KOI (Komite Olimpiade Indonesia), Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa pihaknya belum menerima peringatan apapun dari IOC yang menghubungkannya dengan Olimpiade Tokyo padahal olimpiade tersebut merupakan salah satu ajang olahraga terbesar di dunia. Tidak hanya itu, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dalam akun Instagram resminya mengumumkan batalnya pemberangkatan atlet Indonesia yang direncanakan mengikuti 9th Asian Indoor Championships, 12-13 Februari di Hangzhou dan World Athletics Indoor Tour di Nanjing, 13-15 Maret. Kualifikasi tinju Olimpiade 2020 yang sebelumnya akan digelar di Wuhan pun dipindahkan ke Amman-Yordania, karena wabah tersebut.

 

Berita oleh: Sisilia Fitria,Wartawan Scientiarum. Mahasiswi Fiskom angkatan 2017

Immanuella Senthia, Pemimpin Redaksi Scientiarum, Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Geser ke Atas