Cegah Penyebaran Corona : UKSW Nilai Area Kampus Masih Aman

Rubrik Berita/Kampus oleh

Perkembagan virus Covid-19 Corona membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memutuskan dalam rapat gabungan pada Sabtu (14/3), bahwa seluruh jenjang pendidikan mulai TK, SD SMP, dan SMA sederajat libur selama dua pekan. Hal ini terhitung mulai Senin (16/3). Berdasarkan data yang beredar per tanggal 15 telah terhitung sebanyak 60 kampus keluarkan surat keputusan pembelajaran online.

Sebelumnya, Rektor UKSW telah mengeluarkan surat terkait kebijakan pimpinan terhadap kasus infeksi virus corona (14/3). Pihaknya menyatakan bahwa area kampus UKSW justru dianggap sebagai area aman dari penyebaran virus Covid-19. Maka dari itu, pihak rektorat menghimbau agar kegiatan perkuliahan tetap berlangsung secara tatap muka, namun semua Unit diharapkan membatalkan atau menunda kegiatan-kegiatanyang bersifat mengumpulkan massa dari berbagai daerah, termasuk juga kegiatan kemahasiswaan.

Beberapa hal lain juga dinyatakan dalam surat edaran diantaranya, sikap umum atas kondisi saat ini, kegiatan di luar kampus dan perjalanan dinas, pelaksanaan sterilisasi lingkungan kampus, sikap dan tindakan warga kampus, serta kesiapan lembaga atas potensi penyebaran Covid-19 secara luas dengan pembetukan satuan tugas.

Sampai saat ini belum ada putusan resmi yang dinyatakan pihak Rektorat terkait pelaksanaan pembelajaran online dan peniadaan kuliah tatap muka. Padahal peniadaan kuliah tatap muka telah temasuk sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus Covid-19, pelaksanaanya dikenal juga sebagai social distancing.

Terkait hal ini, rapat lanjutan akan dilaksanakan pihak Rektorat pada Senin (16/03). “ Iya hari ini, kami pimpinan LK juga menunggu keputusan dari atas sebelum melakukan rapat bersama ketua LK”, ujar Ketua BPMU  Donny Osmond Popoko.

“Jadi benar besok itu akan diadakan rapat ketua LK dengan Ketua Pjs. Biro Kemahasiswaan”, tambah Ketua SMU Resny Adelina Saragih (15/3). Ia menjelaskan bahwa agenda yang akan dirapatkan adalah petama, menanggapi kebijakan terakhir pimpinan UKSW, kedua melihat info-info terbaru dari pemerintah terkait tindakan-tindakan untuk kegiatan LK ke depannya.

 

Tulisan oleh : Vinka Agusta

Redaktur      : Delaneira

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*