OPEN FORUM TEOLOGI: IKLIM AKADEMIS FAKULTAS TEOLOGI UKSW, APAKAH SUDAH SEHAT?

Rubrik Kampus/Media Partner oleh

Sabtu (25/6), Lembaga Kemahasiswaan Fakultas (LKF) mengadakan open forum secara daring dengan judul “Iklim Akademis Fakulas Teologi UKSW, Apakah sudah sehat ?”. Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan jawaban mengenai iklim akademis di Fakultas Teologi.

Sebelumnya, LKF Teologi telah membentuk tim penelitian yang terdiri dari tim wawancara, tim konteks fakultas-univ, tim peraturan, dan tim penulisan. Kemudian dalam open forum, tim tersebut membawa topik diskusi mengenai rasio pengajar dan mahasiswa di Fakultas Teologi dalam iklim yang “kurang sehat”.

Menilik Surat edaran  BAN-PT No.1041/BAN-PT/LL/2020, tentang Revisi Mekanisme Perpanjangan Akreditasi seharusnya rasio pengajar : mahasiswa adalah 1:60. Sementara, dalam Peraturan Menteri Ristek Dikti RI No. 2 Tahun 2016, rasio pengajar : mahasiswa adalah 1:45. Melihat hal tersebut, rasio pengajar dan mahasiswa di Fakultas Teologi dapat dikatakan belum sesuai yakni berada pada angka 1:73. Saat ini, mahasiswa Fakultas Teologi berjumlah 1.240 sedangkan pengajarnya hanya 17 orang.

Koordinator Bidang Kemahasiswaan (Korbidkem) Fakultas Teologi Gunawan Yuli Agung Suprabowo menyetujui bahwa rasio pengajar dan mahasiswa sudah lama tidak sesuai. Sampai saat ini jumlah dosen dan mahasiswa memang persoalan besar Fakultas Teologi.

“Sejak beberapa (kali pergantian -red) dekan yang lalu, muncul kekhawatiran rasio dosen mahasiswa, sudah diupayakan oleh dekan dengan perekrutan dosen secara terbuka”, ungkap Gunawan. Namun, nyatanya hingga saat ini penambahan jumlah dosen belum juga dilakukan.

“Selalu ada dilema, di satu pihak memang kewenangan untuk menutup jumlah mahasiswa ada di tingkat universitas, sedangkan kami (pimpinan fakultas -red) sudah mengupayakan berhasil…. “, tambah Gunawan.

Terkait persoalan tersebut, Gunawan mengaku kewalahan dengan koreksi tugas-tugas mahasiswa. Dosen Teologi Merry Rungkat juga mengeluhkan jam pengajaran yang tidak optimal. Pemateri sekaligus Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teologi, Gabriella Kirana Mutiara meyakinkan bahwa goal dari open forum kali ini akan diusahakan tercapai.  “Dengan segala iman kami yakinkan bahwa harus selesai di periode ini” ucap Gabriella.

Di penghujung acara, Dosen Teologi Cindy Quartyamina melempar pertanyaan yang perlu didiskusikan lebih lanjut: “apakah memang itu saja (penambahan dosen) yang realistis ? lalu bagaimana dengan pembatasan kuota mahasiswa ?”

 

Wartawan : Trisasanti Mega

Redaktur : Ella Surya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*