Mahasiswa PR Temu Wartawan

Browse By

Program Profesional jurusan Public Relations (PP-PR UKSW) mengadakan acara Temu Wartawan di Gedung G 505 UKSW, pada Selasa, 6 Oktober 2009. Acara ini dihadiri oleh wartawan dari media cetak dan media elektronik—teve—yang bertugas sebagai koresponden wilayah Semarang dan Salatiga.

Temu wartawan merupakan salah satu kegiatan tahunan di Program Studi Public Relations guna melengkapi Mata Kuliah Media dan Public Relation. Dan kali ini mengambil tema “Strategi Komunikasi Public Relations di Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah dalam membangun hubungan baik dengan media dan dalam upaya meningkatkan publisitas.”

Acara dibuka oleh Rini Darmastuti dosen pengampu mata kuliah Media dan Public Relation, pukul 11.00. Dari 15 wartawan yang diundang, hanya 4 wartawan yang hadir, yaitu Adit (ANTV), Indro (TV Borobudur), Eko (Cakra TV), dan Ratna (Koran Sore Wawasan).

Menurut Theresia Andriani selaku ketua panitia, acara ini merupakan wadah diskusi mahasiswa Public Relations dengan wartawan dalam hubungan upaya peningkatan publisitas perusahaan. Selain itu, dijelaskan pula tentang kriteria-kriteria release yang baik dan cara–cara agar Public Relation suatu perusahaan dapat mengayomi wartawan, sehingga jalan untuk membawa image baik perusahaan akan semakin mudah.

Dalam sesi tanya jawab, Ratna menghimbau agar Public Relation berhati–hati dengan “Wartawan Bodrex,” wartawan yang tidak mempunyai payung media atau tidak terikat dengan lembaga pers manapun. Oknum ini selalu menebarkan isu, dan menulis sisi negatif dari suatu perusahaan. Kemudian, oknum tersebut akan meminta uang kepada perusahaan, agar berita yang Ia tulis tidak menyebar di masyarakat.

Diakhir diskusi, Indro, wartawan dari TV Borobudur memberikan kesimpulannya mengenai hubungan Public Relation dan Wartawan. Tujuan Public Relation dan wartawan sebenarnya sama, yaitu untuk menginformasikan. Agar hubungan kedua belah pihak berjalan baik, maka diperlukan komunikasi yang baik, tanpa ada pandangan negatif satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *